Apa itu FKMI Al-Iqtishad??

Iqtishadnews.blogspot.com,- Lembaga Dakwah Fakultas (disingkat LDF) adalah sebuah institusi organisasi kemahasiswaan di Fakultas yang terdapat di tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia. Organisasi ini bergerak dengan Islam sebagai asasnya. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia pasti mempunyai LDF. Tiap-tiap perguruan tinggi, nama LDF bisa berbeda-beda. Kadang mereka menyebut dirinya sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Islam, Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, Lembaga Dakwah Fakultas, Badan Kerohanian Islam, Forum Keluarga Mahasiswa Islam dan sebagainya.

LDF adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam, Fakultas merupakan inti kekuatannya, dan warga civitas akademika adalah objek utamanya. Ditinjau dari struktur sosial kemasyarakatan, mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan sistem sosial yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial peri-kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan sekelompok manusia yang memiliki taraf berpikir di atas rata-rata. Dengan demikian, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat pada masa depan. Perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu.

Kenapa Lembaga Dakwah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untan di sebut Al-Iqtishad???

Karena, Ekonomi dalam bahasa Arab disebut iqtishad (الإقتصاد) yang berarti moderat dan seimbang. Menurut Mahmud Sahnun, derivasi dari kalimat tersebut banyak disebutkan dalam al-Quran di antaranya QS. Al-Maidah: 66

وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِمْ مِنْ رَبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ مِنْهُمْ أُمَّةٌ مُقْتَصِدَةٌ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ سَاءَ مَا يَعْمَلُونَ

Dan Sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka, diantara mereka ada golongan yang pertengahan, dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.

Kumpulan dasar dan prinsip umum ekonomi yang mapan dan bersumber dari Al-Qur'an dan As-Sunnah serta kumpulan implementasi ekonomi yang disandarkan kepada dasar dan prinsip umum tersebut dan yang menjadi hukum dan aturan kehidupan ekonomi bagi masyarakat Islam.

Sedangkan Hasan Sari mendefinisikannya sebagai berikut :
مجموعة الأصول العامة الإقتصادية التي نستخرجها من القرآن الكريم، والسنة النبوية، والبناء الإقتصادي الذي نقيمه على أساس تلك الأصول بحسب كل بيئة وكل عصر

Kumpulan dasar ekonomi yang dikeluarkan dari Al-Qur'an dan As-Sunnah serta bangunan ekonomi yang dibangun atas asas dasar-dasar tersebut berdasarkan setiap lingkungan dan zaman. Oleh karena itu Iqtishad (Ekonomi) adalah sebuah ilmu. Dasarnya tegak bersamaan dengan munculnya tasyri Islam dan tumbuh serta berkembang di tangan para fukaha ummat sepanjang masa dan generasi.

Lembaga Dakwah Fakultas di FEB Untan bernama Forum Keluarga Mahasiswa Islam (FKMI) Al-Iqtishad adalah salah satu lembaga dakwah (Unit Kegiatan Mahasiswa) lingkungan FEB UNTAN.

 FKMI Al-Iqtishad FEB Untan memiliki semboyan “Hammasatu Syabab Hikmatus Syuyukh” artinya “Semangat Muda Sebijak Orang Tua”.

FKMI Al-Iqtishad FEB Untan didirikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura pada tanggal 6 Juni 1995.
FKMI Al-Iqtishad FEB Untan berasaskan dan beridentitaskan Islam dengan bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.



Sumber:

 http://feb.untan.ac.id

 http://koneksi-indonesia.org/2014/mengapa-ekonomi-disebut-iqtishad/

Penulis: Admin Iqtishad News

Komentar

  1. MasyaAllah. Semoga Iqtishad semakin berjaya dan terus menebar kebaikan melalui tindakan maupun tulisan. Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer